Laman

Senin, 22 Oktober 2012

High-Definition Multimedia Interface (HDMI)



High-Definition Multimedia Interface (HDMI) adalah salahsatu antarmuka (interface) peralatan audio/video digital tanpa kompresi yang didukung oleh industri. HDMI menyediakan antarmuka antara beberapa sumber audio/video digital yang cocok, saperti set- top box, pemutar DVD atau penerima AVserta audio digital dan/atau monitor video yang cocok, saperti televisi digital (DTV).

Spesific :  
                                    Sinyal       : 480i, 480p, 576i, 576p, 720p, 1080i, 1080p.
                        Video        : 1440p, etc.
                        Lebar Pita  : 10.2 Gbps at 340 Mpixels/se







Fitur-fitur HDMI



            HDMI pertama diperkenalkan pada Desember 2002 yang dikenal dengan nama HDMI 1.0. seluruh fitur yang sudah kami sebutkan sebelumnya sudah ada pada HDMI 1.0 ini.

            Saat ini HDMI versi terbaru adalah HDMI 1.3c, yang tentunya memiliki penambahan fitur lag. Seperti dukungan terhadap Deep Color, auto lip sync, dan High-definition multi channel audio formats yang digunakan pada Blu-ray disc.

Setiap versi dari HDMI menggunakan type cable yang sama, juga tetap menggunakan konektor 19 pin yang sama. Namun setiap peningkatan versi, kapasitas bandwith selalu ditingkatkan dan tentu saja beberapa fitur-fitur baru selalu disertakan setiap ada HDMI versi baru.


HDMI 1.0 mendukung maximum pixel clock rate sebesar 165 Mhz (4.95 Gb/s bandwith), dimana ia mampu menampilkan tampilan HDTV di resolusi 1080p pad 60HZ refresh rate dan juga resolusi WUXGA 1920x1200, juga pada 60 Hz refresh rate.


Pada HDMI 1.1 selain kemempuan diatas, ditambahkan fitur yang mendukung DVD audio dan pada HDMI 1.2 ditambahkan fitur yang mendukung Super Asudio CD.

Sedangkan, pada HDMI 1.3 kemampuannya lebih ditingkatkan lagi dari versi sebelumnya. HDMI 1.3 memiliki pixel clock rate hingga 340 Mhz 910.2 Gb/s bandwith) yang mampu menampilkan resolusi yang jauh lebih tinggi seperti WQXGA dengan resolusi maksimal 2560x1600. hebatnya, tetap menggunakan single digital link.

Pada HDMI 1.3 juga sudah mendukung Deep Color dan xvYCC color space. Fitur Deep color maksudnya adalah metode yang menggunakan shades, hues, luminosity dengan jumlah yang sangat banyak untuk meningkatkan jumlah color yang bisa ditampilkan, yaitu dari yang tadinya berukuran juta menjadi milyar.

Deep color sudah menggunakan kedalaman 30-bit, 36-bit, atau 48-bit dibandingkan HDMI 1.0 yang hanya mampu kedalaman 24-bit color. Fitur xvYCC color space sendiri dikenal juga dengan nama x.v.color yang menandakan bahwa full range color (0-256) pada 8-bit space sudah dimiliki, tidak lagi menggunakan RGB color yang memiliki full range color (16-235) pada 8-bit space yang merupakan limitasi utuk monitor analog.
Penjelasan perbedaan huruf A, B, C sendiri adalah sebagai berikut. A, B, C adalah perbedaan type konektor. HDMI type A dan C yang saat ini banyak digunakan menggunakan single links, sedangkan untuk type B menggunakan Dual links. Namun karena dengan menggunakn Single links saja, bandwith dihasilkan sangat tinggi, maka type B belum diperlukan. Sampai saat ini HDMI berkonektor type B belum ada yang memproduksi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar